WEB BROWSER

Web Browser atau dalam bahasa indonesia peramban web merupakan software yang mempunyai fungsi menampilkan halaman sebuah website. Sedangkan menurut Wikipedia disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web . Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis perantara pengguna yang paling sering digunakan.

Sejarah Singkat

Penjelajah web pertama pertama bernama WorldWideWeb berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Arisandy Mokodompit di Pontodon, Indonesia, membuat sebuah Penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Penjelajah web tersebut dinamai Sanmo.

Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Sandy ditawari oleh Jim Clarc, salah seorang petinggi Mark Zuckerberg (Harvard), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Sandy membuat sebuah Penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan Penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, Penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi Penjelajah web komersial. Microsoft, yang terlambat turun di pasar Penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk Penjelajah web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara Penjelajah web populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.

Jenis – Jenis Web Browser

  1. Mozilla FireFox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban weblintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Dibuat oleh mozilla corporation, Mozilla firefox adalah salah satu dari web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Web Browser merupakan salah satu dari macam macam Web Browser yang handal karena didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall secara terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, sederhana, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Sejak 3 April 2003, Firefox dan klien surel Thunderbird telah menjadi fokus utama pengembang Yayasan Mozilla untuk menggantikan Mozilla Suite.

Firefox dapat dijalankan pada berbagai macam sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD. Versi stabil terbaru Firefox saat ini adalah 14.0.1, yang dirilis pada 15 Juni 2012 .

(+) Kelebihan Web Browser Mozilla Firefox:

  • Banyak fitur tambahan add ons alias pengaya, ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user
  • Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat
  • Hemat resource memory
  • Interface/tampilan lay out yang simple sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula.

(-) Kekurangan Web Browser Mozilla Firefox

  • Terkadang loadingnya cukup lama saat mulai start awal, terlebih lagi jika banyak adds-on yang terinstall.
  • Saat memulai mode Private,  harus menutup terlebih dahulu semua halaman dalam mode regular

2. Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin renderingWebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.

Google Chrome adalah program aplikasi peramban web yang berguna untuk menjelajahi internet. Versi terbaru program ini adalah Google Chrome 18, yang dirilis pada tanggal 12 April 2012. Software Google Chrome dibuat dan dikembangkan olehGoogle Inc.

Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan padakecepatan dan tampilannya yang bersih. Di balik tampilannya yang minimalis dan sederhana, Google Chrome memiliki segudang fitur yang setara dengan aplikasi peramban alias web browser modern lainnya. Fitur seperti multitab, bookmark, dan fitur penambahan fungsi melalui ekstensi bisa Anda temukan. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa layanan Google, seperti fitur terjemah halaman web secara otomatis (termasuk dalam Bahasa Indonesia) dan fitur pencarian Google.

Program Google Chrome banyak diaplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna internet. Google Chrome merupakan software gratis. Google Chrome dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, serta tersedia untuk Mac dan Linux. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Intel Pentium 4, memori (RAM) 128 MB, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 100 MB.

Info Software Peramban Google Chrome

  • Jenis: Aplikasi Peramban
  • Fungsi dan kegunaan: Software penjelajah web
  • Target kalangan penggguna: Semua pengguna internet
  • Pengembang: Google Inc.
  • Versi terbaru: Google Chrome 18
  • Tanggal rilis: 12 April 2012
  • Halaman info produk:http://www.google.com/chrome

Kebutuhan Sistem & Persyaratan Instalasi Google Chrome 18

  • Sistem operasi: Windows Windows XP SP2, Windows Vista, Windows 7
  • Kapasitas Harddisk: Minimal 100 MB
  • Memori / Random Access Memory (RAM): Minimal 128 MB

(+) Kelebihan Web Browser Google Chrome:

  • Memiliki kemampuan browsing yang lumayan cepat
  • Secara otomatis dapat membookmark situs situs yang pernah dibuka sebelumnya selain histori, dan halaman yang sering dikunjungi
  • Keunggulan browser addressnya karena dapat berfungsi sebagai search engine
  • Memiliki fitur Google Chrome diantaranya mendukung flash dan java (terintegrasi)
  • Penggunaan memori tab yang terpisah
  • Mendukung Bahasa Indonesia.

(-) Kekurangan Web Browser Google Chrome:

  • Masih terlalu banyak security holenya sehingga tidak disarankan untuk pakai bertransaksi keuangan
  • Penggunaannya masih terbatas pada Windows XP dan Vista
  • Makin banyak tab baru dibuka, maka butuh lebih banyak memori saat browsing
  • Statis, fiturnya kurang banyak

3. Internet Explorer

Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web danperangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu. Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.

Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest (Inggris)(di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs webyang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer. Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7, Windows Vista, dan Windows Server 2008.

Sejarah Internet Explorer

Proyek Internet Explorer telah dimulai sejak musim panas tahun 1994 oleh Thomas Reardon menggunakan kode sumber dari Spyglass, Inc. Mosaic, sebuah peramban web komersil baru. Di akhir 1994, Microsoft melisensikan Spyglass Mosaic.

  • Internet Explorer 1  Versi pertama dari Internet Explorer ini dirilis pada 16 Agustus 1995.
  • Internet Explorer 2 dirilis untuk Windows 95, Windows NT 3.5 dan Windows NT 4.0 pada 22 November 1995.
  • Internet Explorer 3 dirilis pada 13 Agustus 1996.
  • Internet Explorer 4 dirilis pada September 1997.
    • Internet Explorer 5 dirilis pada 18 Maret 1999.
    • Internet Explorer 6 dirilis pada 27 Agustus 2001.
    • Internet Explorer 7 dirilis pada 18 Oktober 2006.
    • Internet Explorer 8 dirilis pada 19 Maret 2009.
    • Internet Explorer 9 adalah peramban web Internet Explorer dari Microsoft yang dirilis untuk umum pada 14 Maret 2011. IE9 mendukung beberapa properti CSS3, dan peningkatan performaJavaScript. IE9 juga mendukung tag video dan audio HTML5, serta Web Open Font Format. Microsoft meluncurkan IE9 sebagai versi baru yang tidak terikat dengan jadwal peluncuran versiWindows yang baru, tidak seperti sebelumnya.  Kebutuhan spesifikasi untuk Internet Explorer 9 adalah sistem operasi Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows Vista Service Pack 2 atau Windows Server 2008 SP2 dengan fitur Platform Update. Windows XP dan versi sebelumnya tidak didukung. IE9 adalah versi terakhir Internet Explorer yang mendukung Windows Vista; Internet Explorer 10 hanya akan didukung oleh Windows 7 dan Windows 8.
    • Internet Explorer 10

Internet Explorer 10 (IE10) adalah sebuah peramban web terbaru dari Microsoft. Versi ini merupakan pengganti Internet Explorer 9. Internet Explorer 10 dirilis pada tanggal 12 April 2011.

(+) Kelebihan Web Browser Internet Explorer :

  • Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
  • Khusus Internet Explorer 9 (IE9), tampilannya lebih simpel, elegan dan menarik
  • Browser ini sangat terintegrasi dengan Sistem Operasi Windows karena menjadi browser standar dari Microsoft
  • Untuk pengguna Windows Live pengguna akan di manjakan dengan tersedianya tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live.

(-) Kekurangan Web Browser Internet Explorer

  • Adakalanya tidak bisa/gagal dalam membaca script yang ada dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
  • Seringkali berat pada saat awal start atau saat pengguna sedang membuka tab baru.
  • Khusus IE9 tidak mendukung Sistem Operasi Windows XP

4.     Opera

Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Softwareyang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris,FreeBSD dan Linux.

Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh pramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME. Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya. Opera adalah satu-satunyapenjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya. Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite.

Sejarah Opera

Opera mulai dibuat pada tahun 1994 sebagai sebuah proyek penelitian Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Pada tahun 1995, Telanor bercabang menjadi perusahaan yang terpisah bernama Opera Software ASA. Opera pertama kali diluncurkan dengan versi 2.0 pada tahun 1996, yang hanya beroperasi pada Microsoft Windows. Dalam upaya untuk memanfaatkan munculnya pasar untuk perangkat genggam yang terhubung dengan internet, sebuah proyek untuk mengintegrasikan Opera ke platform perangkatmobile dimulai pada tahun 1998. Opera 4.0, yang dirilis pada tahun 2000, menampilkan core cross-platform baru yang memfasilitasi pembuatan versi Opera untuk beberapa sistem operasi dan platform.

Sampai saat itu, Opera adalah Perangkat lunak uji coba dan harus dibeli setelah masa percobaan berakhir. Versi 5.0 (dirilis pada tahun 2000) merupakan versi trialware yang terakhir. Setelah itu, Opera disponsori oleh iklan, menampilkan iklan kepada pengguna yang membayarnya. Versi Opera selanjutnya memberikan pada pengguna pilihan untuk melihat iklan banner atau iklan teks yang ditargetkan dari Google. Pada versi 8.5 (dirilis tahun 2005) iklan telah dihapus seluruhnya dan dukungan finansial utama untuk Opera datang melalui Google (dengan adanya kontrak untukGoogle sebagai mesin pencari untuk Opera).

Dalam versi 9.1 (dirilis tahun 2006), fitur-fitur baru yang diperkenalkan adalah pelindung penipuan (fraud protection) yang menggunakan teknologi dari GeoTrust, penyedia sertifikat digital, dan PhishTank, sebuah organisasi yang dikenal dapat melacak situs web phishing. Fitur ini ditingkatkan dan dikembangkan dalam versi 9.5, ketika GeoTrust digantikan dengan Netcraft, dan perlindungan malware dari Haute Secure telah ditambahkan.

Tahun 2006, Opera dibuat dan dirilis untuk Nintendo DS dan Nintendo Wii. Opera untuk Wii, yang disebut channel internet, dirilis tanggal 12 April 2007 dan bebas untuk diunduh sampai 30 Juni 2007. Setelah tanggal itu, pengguna harus membayar 500 Wii Points (sekitar 5 US$ ) untuk mengunduhnya. Pada tanggal 2 September 2009, Opera kembali gratis untuk diunduh. Pengguna yang sebelumnya membayar untuk mengunduh, ditawarkan permainan NES pilihan mereka dengan nilai yang sama. Di Nintendo DS Browser, Opera tidak gratis, tetapi dijual sebagai physical DS game cartridge. DSi memiliki saluran internet yang dapat diunduh secara gratis dari toko DSi.

Sebuah mesin JavaScript baru yang disebut Carakan, dinamai sesuai aksara Jawa, ditampilkan dalam versi 10.50. Menurut Opera Software, Carakan tujuh kali lebih cepat di SunSpider daripada Opera 10.10 dengan Futhark pada Windows. Pernyataan itu juga, kurang lebih dikonfirmasi oleh pihak-pihak lain setelah rilis resmi pra-alpha pada Desember 2009. Diperkenalkan pula vector graphics library milik Opera yang bernama Vega, yang mampu menangani semua penerjemahan/rendering browser. Hal ini memungkinkan penerjemahan kode platformyang spesifik, agar kode tersebut menjadi kode yang sesuai untuk Vega, sehingga membuatnya lebih mudah untuk mengatur seluruh platform. Hal itu membantu implementasi Opera untuk penggunaan properti canggih CSS3, seperti background dan borders; dan juga memungkinkan akselerasi hardware dengan optional OpenGL dan Direct3D backends.

Pada rilis pertama Opera 10.50, versi tersebut mulanya ditujukan untuk Windows saja. Lalu, Opera untuk Mac hadir dalam versi 10.50. Versi terbaru Opera, yakni 10.60, dirilis pada awal Juli 2010.

Opera di Indonesia

Opera browser hadir dalam versi Bahasa Indonesia untuk pertama kalinya dalam versi 9.6. Versi tersebut dirilis pada tanggal 8 Oktober 2008. Opera 9.6 dapat diunduh secara gratis, langsung dari situs Opera. Situs Opera juga hadir dalam bahasa Indonesia, sejak bulan Februari 2010. Selain itu, terdapat pula Komunitas Opera Indonesia. Komunitas Opera Indonesia adalah komunitas resmi dari Opera Software yang dibuat oleh sekumpulan blogger My Opera Indonesia. Di Indonesia, varian browser Opera yang paling banyak digunakan adalah Opera Mini, bahkan jumlah pengguna Opera Mini di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia.

(+) Kelebihan Web Browser Opera :

  • Ringan dan cepat
  • Memiliki email client dan rss sendiri, jadi kita tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
  • Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik
  • Fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat se hingga halaman terbuka lebih cepat
  • Memiliki fitur penyimpan halaman dalam bentuk .mht (single file), yang belum dimiliki Chrome & Firefox dalam versi standar
  • Banyak fitur pengaya/addons widgetdan aplikasi
  • Fitur Opera yang paling unik adalah fitur “Voice Interaction”. Dengan fitur ini, Anda dapat memerintahkan Opera untuk mereload halaman, log in, membuka tab baru, mengklik link dan lain-lain dengan suara Anda

(-) Kekurangan Web Browser Opera :

  • Gagal dalam membaca script pada situs-situs tertentu
  • Tampilannya yang kelewat “advance”, membuat pengguna pemula kesulitan saat awal menggunakannya
  • Untuk mengupdatenya pengguna Opera harus mendownload kembali file masternya

5.     Safari

Safari adalah sebuah peramban web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan peramban web bawaan di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai peramban web bawaan. Pada 11 Juni 2007, versi pratayang untuk Windows baik yang cocok untuk Windows XP dan Windows Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.

Fitur

Safari memberikan fitur yang hampir umum yang dimiliki oleh peramban web lainnya seperti:

  • Perambanan melalui tab
  • Pengaturan markah buku
  • Boks pencarian web yang dapat diatur ukurannya pada toolbar baik yang menggunakan Google pada Mac atau Google atau Yahoopada Windows
  • Penghalang Pop-up ad
  • Pencari history dan markah buku
  • Pencari teks
  • Pemeriksa ejaan
  • Kotak teks yang dapat diperluas
  • Pengisian otomatis pada bentuk web
  • Dilengkapi dengan DOM yang bertindak sebagai inspektur yang memungkinkan pengguna dan pengembang menjelajahi Document Object Model dari suatu halaman web.
  • Dapat menggunakan CSS 3 web font
  • Dapat menggunakan animasi CSS
  • Dapat menggunakan protokol ptoteksi keamanan layar (versi yang tidak diketahui)
  • Bookmark yang telah terintegrasi dengan buku alamat
  • Warna ICC yang mendukung tampilan profil
  • Memungkinkan untuk melihat versi PDF
  • Terintergrasi dengan pengaturan foto iPhoto
  • Penggabungan surat internet
  • Kemampuan untuk menyimpan halaman web yang telah disimpan pada Apple Dashboard
  • Menjelajah web secara pribadi

Pada Mac OS, Safari merupakan aplikasi Cocoa yang menggunakan Webkit Apple untuk mengaplikasikan halaman dan memproses JavaScript. WebKit terdiri dari webCore (berbasis mesin KHTML dari Konqueror) dan JavaScript (berbasis pada mesin JavaScript dari KDE yaitu KJS). Sama halnya dengan KHTML dan KJS, Webcore dan JavaScript memiliki perangkat lunak gratis dan dirilis dibawah ketentuan GNU Lesser General Public License. Beberapa perkembangan Apple kepada kode KHTML kembali digabungkan kedalam proyek Konqueror. Apple juga merilis kode tambahan dibawah sebuah sumber terbuka BSD-like license.

Hal ini termasuk menyediakan web agregarto dan menyokong standar RDD dan Atom. Beberapa fitur lainnya juga termasuk perambanan pribadi (mode dimana tidak ada informasi yang terekam mengenai aktivitas web pengguna ) telah menjadi pangkal dari istilah yang sedang populer sekarang yaitu “mode porno” untuk peramban web, kemampuan untuk menyimpan archieve (dengan menggunakan format webarchive) dan halaman web surat elektronik serta kemampuan untuk mencari bookmarks.

Diawali dengan Safari 4, kini alamat bar telah benar-benar diperbaharui

  • Tombol untuk menambah markah buku telah disatukan pada alamat bar
  • Tombol reload dan berhenti sekarang telah diposisikan pada sebelah kanan dari alamat bar
  • Lambang biru sebagai tanda progres telah digantikan dengan bezel yang berputar dan indikator loading disatukan pada bezel tersebut.

Modifikasi tersebut membuat Safari terlihat seperti Safari yang terdapat pada iPhone. Sebagai tambahan, Safari 4 juga memiliki beberapa fitur baru diantaranya :

  • Situs teras yang menampilkan 24 thumbnails dari halaman yang paling sering digunakan oleh pengguna
  • Perambanan Cover Flow untuk History dan Bookmark
  • Mesin Nitro JavaScript yang menjalankan JavaScript dengan delapan kali kecepatan yang melebihi internet Explorer dan empat kali lebih cepat dibandingkan Firefox 3
  • Tampilan biasa pada Windows (Aero pada Windows Vista, Luna pada Windows XP) dengan font standar pada Windows
  • Dapat menggunakan sentuhan efek pada gambar dengan CSS
  • Dapat menggunakan kanvas CSS
  • Pemuatan yang spekulatif, dimana Safari memuat dokumen, skrip dan informasi yang dibutuhkan untuk menampilkan suatu halaman web pada waktu tertentu
  • Tools yang berkembang termasuk Web Inspector, peninjauan elemen CSS, JavaScript debugger dan pembuat profil, tabel offline dan pengaturan database dengan sokongan SQL serta sumber grafik

Spesifik Fitur iOS

Safari pada iOS memiliki fitur spesifik yang memungkinkan Safari untuk:

  • Gaya perambanan MDI (dapat membuka 8 halaman sekaligus dan dibatasi oleh memori/tempat untuk menyimpan data)
  • Menyimpan gambar pada photo album dengan menekan gambar tersebut selama 3 detik.
  • Membuat bookmark pada link pada halaman tertentu seperti ikon Web Clip pada layar home
  • Membuka halaman yang didesain secara spesial dalam mode full-screen
  • Memfasilitasi tab, mirip sebagaimana aplikasi desktop, namun hanya untuk iPad dan iPad 2.
  • Membuat daftar baca, fitur bookmarking yang menandai situs tertentu untuk dibaca kemudian, yang tersinkronisasi di peramban Safari versi mobile dan desktop melalui layanan iCloud.
  • Reader, fitur untuk membaca yang memformat teks dan gambar dari laman web ke dalam format yang enak dibaca karena iklan-iklan dan informasi tak relevan dihilangkan darinya.

Sejarah dan Perkembangan

Sampai pada tahun 1997, computer Apple Macintosh telah mengirim hanya dengan Netscape Navigator dan Cyberdog . Internet Explorer for Mac dan Mac OS 8.1 baru akhir-akhir ini digunakan sebagai web bawaan sebagai bagian dari lima tahun perjanjian antara Apple dan Microsoft. Akan tetapi, Netscape Navigator terus diikut sertakan. Microsoft melrilis tiga versi utama dari Internet Explorer untuk Mac yang dibarengi dengan Mac OS 8 and Mac OS 9. Setelah itu, Microsoft merilis Mac OS X edisi dari Internet Explorer 5, yang sudah diikut sertakan sebagai web bawaan peramban pada semua Mac OS X yang dirilis dari Mac OS X DP4 sampai Mac OS X v10.2.

Pada 7 Januari 2003, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple telah mengembangkan peramban web miliknya sendiri yang berbasiskan KHTML mesin peramban yang dinamakan Safari. Mereka merilis versi beta pertama pada hari itu dan sejumlah beta versi lainya mengikuti sampai kepada veri 1.0 yang dirilis pada 23 Juni 2003. Pada mulanya tersedia sebagai aplikasi yang diunduh secara terpisah kemudian digabungkan dengan Mac OS X v10.3 saat rilis pada 24 Oktober 2003 sebagai web bawaan dan Internet Explorer for Mac hanya dimasukkan sebagai alternatif. Sejak liris Mac OS X v10.4 pada 29 April 2005, Safari menjadi satu-satunya peramban web yang termasuk dalam sistem pengoperasian.

Setelah mendapat beberapa kritik dari pengembang KTHML pada bulan Juni tahun 2005 mengenai kekurangan akses untuk mengubah log, Apple mengubah pengembangan sumber kode dan pelacakan gangguan dari WebCore dan JavaScriptCore kepada OpenDarwin.org. Webkit sendiri juga dibuat sebagai referensi umum. Kode rahasia bagi aspek non-renderer pada peramban, seperti elemen GUI tetap menjadi milik perusahaan.

Versi 2.0 dari Safari dirilis pada 29 April 2005 dan hanya menjalankan Mac OS X 10.4.x (Tiger) atau versi sebelumnya. Versi ini menarik pembei karena memiliki 1.8 kali kecepatan dibandingkan dengan versi 1.2.4.

Pada bulan April 2005, Dave Hyatt salah satu dari pengembang Safari di Apple mendokumentasikan progresnya dalam memperbaki bugs di Safari agar melewati tes Acid2. Tanggal 27 April 2005, ia mengumumkan bahwa pekembangan Safarinya telah melewati tes yang membuatnya sebagai peramban web pertama untuk melakukan hal tersebut. Pada mulanya perubahan tidak tersedia bagiakhir pengguna kecuali mereka mengunduh dan melengkapisumber WebKit milik mereka atau menggunakan salah satu aplikasi pada opendarwin.org. Meskipun demikian pada 31 Oktober2005 Apple merilis Safari versi 2.0.1 yang memasukkan Acid2 yang telah tetap.

Pada 9 Januari 2007, Job secara formal mengumumkan bahwa iPhone Apple menggunakan penjelejah Safari yang menggunakan fitur mesin JavaScript (Nitro) sebagai bagian dekstop hanya pada iPhone 3.0.

Safari untuk Windows

Dalam Muktamar Pengembang Sedunia pada tahun 2007, Job mengumumkan bahwa Safari 3 diperuntukkan bagi Microsoft Windows XP dan Windows Vista. Di pengumuman tersebut ia menyatakan bahwa Safari merupakan peramban web tercepat. Pengukuran eksternal dari HTTP membuktikan bahwa Safari merupakan peramban web tercepat dalam memuat data dari internet sedangkan untuk memuat dari kuki Safari seri dengan Internet explorer 7 dan Firefox.

Safari yang versi beta untuk Windows memiliki beberapa kelemahan sampai kepada rilisnya versi beta yang baru pada 11 Juni 2007 yaitu versi 3.0.1 untuk Windows . Pada 22 Juni 2007, Apple merilis Safari 3.0.2 untuk mengatasi kelemahan tersebut, masalah penampilan dan masalah keamanan lainnya. Safari 3.0.2 untuk Windows dapat mengatasi beberapa font yang hilang dari peramban akan tetpai terinstal pada komputer Windows seperti Tahoma, Trebuchet MS, dan lain-lain. Ada juga perangkat lunak untuk menjalankan Safari dibawah Linux. Rilis terakhir dilakukan pada 18 Maret 2008 dengan menawarkan pengunduhan gratis versi Windows 3.1 (525.13).

Pada Juni 2008, Apple merilis versi 3.1.2, mengalamatkan kelemahan keamanan dalam versi Windows dimana dengan mengunjungi situs yang licik dapat memaksa komputer untuk mengunduh arsip yang dapat diunduh dan menghilangkan sisanya dari desktop pengguna.

Safari 4

Pada 2 Juni 2008, tim pengembangan Webkit mengumumkan SquirrelFish yang merupakan mesin JavaScript baru yang dengan cepat mengembangkan kecepatan Safari dalam menginterpretasikan skrip. Mesin ini merupakan salah satu dari fitur baru yang dimiliki oleh Safari 4 yang dirilis pada 11 Juni 2008. Mesin JavaScript yang terakhir dinamakan Nitro. Beta publik dari Safari 4 dirilis pada 24 Februari 2009. Safari menambahkan beberapa ditur seperti tool “Situs Teratas”, yang menyerupai fitur panggilan cepat pada Opera yang menampilkan situs yang paling sering dikunjungi oleh pengguna. Cover Flow, fitur pada Mac OS X yang dibawa kedalam Safari. Pada beta publik, Safari ditempatkan pada tabbed perambanan dalam tittle bar di window yang menyerupai Google Chrome. Akan tetapi untuk rilis terakhir tabel bar dipindahkan pada tempat semulanya dibawah bar URL. Untuk versi Windows, Safari mengadopsi theme aslinya daripada menggunakan Mac OS seperti yang sebelumnya.

Pada 8 Juni 2009, Safari 4 secara resmi dirilis. Safari 4.0.1 kemudian dirilis pada 17 Juni dan diperbaiki masalah dengan Faces dalam iPhoto. Safari 4 dalam Mac OS X v10.6 “Snow Leopard”memiliki 64-bit yang dapat membuat JavaScript pemuatan sampai 50% lebih cepat. Safari ini juga dibangun dengan kekebalan terhadap tabrakan yang akan menjaga peramban utuh apabila penghubung seperti Flash playernya bertabrakan maka tab atau window lain tidak akan terpengaruh.

6.    Flock

Flock adalah sebuah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan fitur Web 2.0 lain pada tampilanantarmukanya. Browser ini dibuat menggunakan codebase Mozilla FirefoxPada tanggal 16 Juni 2008, Flock 2 yang menggunakan Mozilla Firefox 3 sebagai basisnya, diluncurkan dengan status open beta. Dukungan untuk browser Flock akan dihentikan secara resmi pada 26 April 2011. Flock dapat diunduh secara gratis, dan mendukung platform Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.

Flock, browser berbasis situs komunitas. Browser yang mengambil teknologi Firefox ini memang menjadikan halaman awalnya sebagai penyedia beberapa situs vendor berbasis situs atau media untuk komunitas. Halaman awal ini tetap muncul walau komputer anda dalam keadaan offline dan beberapa vendor yang dipasang adalah :

  • Youtube, sebagai media broadcasting
  • Gmail dan Yahoo mail, untuk membuka email
  • Blogger untuk anda yang hobi nge blog
  • Facebook, myspace dan digg untuk yang selalu ingin berhubung dengan sahabat anda di internet
  • Photobucket, tinypic dan Picasa untuk sharing foto kepada orang yang anda inginkan
  • Delicious dan magnolia untuk melihat bookmark anda secara online

Shortcut-shortcut diatas hanya beberapa, bisa mengeksplore nya lagi untuk mengetahui shortcut situs-situs komunitas lain. Browser ini memang sangat cocok untuk yang selalu online dan sering berkunjung ke situs – situs komunitas. fitur remember password akan disuguhkan ketika memasuki form login di sebuah situs (seperti firefox) dan tampilan yang memang lebih “gaul”, mendukung Addon seperti firefox juga, dan tombol “one-click” untuk blog editor, upload photo, akses situs-situs favorit anda, rss, dan Youtube media bar (yang akan muncul di atas browser). Jadi untuk yang ingin kemudahan dalam bersosialisasi di internet, gunakan browser ini.