Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara berdaulat yang mendapatkan pengakuan dari dunia internasional dan menjadi anggota PBB. Dalam 66 tahun Negara kita sudah merdeka tapi apakah kesenjangan sosial di Negara kita sudah baik ? Persoalan yang di alami oleh Indonesia sangat memperhatikan apalagi dalam hal kesenjangan. Kesenjangan yang ada pada zaman  sekarang ini sangatlah berbeda. Mulai dari faktor dan unsur – unsur yang ada pada kesenjangan sosial. Faktor – faktor kesenjangan social yaitu dari kemiskinan, kelaparan, kerusuhan dan kekerasan.

Pada saat zaman Orde baru kesenjangan di Indonesia sangat memperihatinkan. Pada tahun 1998 sekitar bulan Mei terjadi kerusuhan yang mengakibatkan aktivitas kota Jakarta lumpuh total ini mengakibatkan warga di Indonesia menjadi merana dan tidak hidup dengan baik, karena kesenjangan yang ada di Indonesia jadi berantakan. Pemerintah seharusnya peduli dalam hal kesenjangan yang ada di Indonesia tetapi pemerintah penyelenggara malah menghabisan puluhan miliyar rupiah untuk kunjungan ke luar negeri .

Pemerintah seharusnya lebih peka terhadap kesenjangan yang ada di Indonesia. Di Indonesia masih banyak sekali warga atau masyarakat merasa kurang sekali dalam kesenjangan social yang ada. Perbandingan kesenjangan yang ada di Indonesia sangatlah  Nampak pada penduduk yang berada di kalangan menengah ke atas dan menengah ke bawah. Jika di lihat dari kalangan menengah ke atas kesenjangan yang mereka dapatkan sangatlah memadai dan tercukupi, tidak ada yang terjangkit oleh kelaparan atau sakit yang hal aneh, pemukiman yang ada pada kalangan menengah ke atas sangat lah bersih . Berbeda dengan kalangan menengah ke bawah, kesenjangan yang mereka dapat sangatlah buruk, mereka sering mengalami wabah kelaparan sehingga terjangkit penyakit gizi buruk. Untuk makan pun mereka harus bekerja keras banting tulang demi mencari sesuap nasi. Pemukiman yang mereka tempati pun sangat lah kumuh.

Seringkali terjadi kebakaran pada pemukiman yang mereka tempati. Bagaimana tanggapan pemerintah jika penduduk di Indonesia seperti itu ? apakah pemerintah tidak peduli dengan adanya kesenjangan social yang buruk pada penduduk kalangan menengah ke bawah? Mereka yang penduduk kalangan mengah ke bawah perlu adanya keadilan yang sama dengan yang lain, mendapatkan kesenjangan social yang baik untuk kehidupan mereka yang akan datang.