1. Pemuda

Pemuda adalah  generasi yang mempunyai semangat yang tinggi untuk mendapatkan suatu hal yang ingin di raihnya. Arti kata tersebut  perlu di pahami juga oleh kita, karena tidak setiap pemuda mempunyai semangat yang tinggi.  Pemuda pun bisa di kategorikan dengan usia, usia yang mulai yang relatif mulai dari umur  10 – 19 tahun. Sementara menurut para ahli yang di lihat, usia pemuda berkisar dari umur 20 -25 tahun.

Pemuda juga merupakan calon pemimpin bangsa yang sukses dan terkembang. Tergantung dari tekad, niat dan usaha pemuda tersebut.  Pemuda pada zaman di era globalisasi ini memiliki nilai semangat yang tinggi tapi hanya sebagian saja yang seperti itu. Pemuda jaman sekarang banyak di pengaruhi oleh hal yang negatif karena adanya era modern seperti saat ini. Perbedaan watak  dan sifat pun beragam, pemuda yang tidak putus asa dan pantang mundur merupakan seorang pemuda yang arif dan bijaksana.

Kelebihan dan kekurangan pun ada di dalam diri seorang pemuda. Dari segi fisik, pemuda mempunyai kekuatan yang lebih yang berbeda dari orang yang lebih tua. Apalagi jika sedang mengalami pendewasaan yang tinggi. Pemuda juga memiliki akal yang baik dan cerdas. Tidak seperti orang yang sudah tua sering lupa akan segala sesuatu nya tapi kalau pemuda mempunyai idealisme yang tinggi. Berbeda pula dengan masa kanak – kanak yang di alami seorang pemuda.

Seorang pemuda mempunyai kekuatan semangat yang tinggi, seperti semangat dalam meraih cita-cita, semangat dalam perubahan hal yang positif yang menyangkut pada dirinya sendiri.

  1. Interaksi sosial Pemuda

Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku,interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan – aturan dan nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika tidak adanya kesadaran atas pribadi masing – masing,maka proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Di dalam kehidupan sehari – hari tentunya manusia tidak dapat lepas dari hubungan antara satu dengan yang lainnya,ia akan selalu perlu untuk mencari individu ataupun kelompok lain untuk dapat berinteraksi ataupun bertukar pikiran. Adanya interaksi sosial,maka kegiatan – kegiatan antar satu individu dengan yang lain tidak dapat disebut interaksi.

Pemuda seperti saat ini berinteraksi social dengan cara individu dan kelompok. Pemuda yang individu cenderung memiliki hal yang negatif, yang tidak mau berinteraksi oleh pemuda yang lain. Berbeda dengan pemuda yang memiliki kelompok, pemuda yang berkelompok biasa nya tergantung dari prinsip kepribadian seseorang. Biasanya pemuda yang bekelompok ada yang memiliki pengaruh hal positif dan hal negatif.

Peran penting dari pemuda adalah perubahan. Perubahan yang mengarah ke hal positif bukan melainkan hal negatif. Perubahan yang bisa menjadikan indicator dalam suatu bangsa. Pemuda harus bias memberikan motivasi pada bangsa yang akan pemuda itu pimpin. Bukan melakukan tindakan maupun aksi yang membuat masyarakat takut akan adanya perubahan pemuda.