Di dunia ini setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Karakter dari seseorang pun bermacam – macam. Pada pembahasan kali saya akan membahas mengenai kemiskinan yang ada di indonesia yang merupakan penderitaan dari seseorang yang hidupnya serba kekurangan di zaman modern ini. Mengenai masalah penderitaan pada hakikatnya selalu ada di dalam diri seseorang. Penderitaan muncul dari kita yang memulainya, seringkali kita tidak kuat menerima penderitaan hidup yang ada di kota – kota besar. Penderitaan hidup yang ada di kota – kota besar seperti Jakarta yaitu mengenai kemiskinan pada rakyat yang tidak mampu yang hidupnya serba keterbatasan. Di Indonesia khususnya di Jakarta tingkat kemiskinan yang berada disana hampir 50%, sebagian lagi hidupnya ada yang sederhana dan mewah. Kehidupan didunia ini apalagi di Jakarta tidaklah mudah butuh usaha, kerja keras, dan semangat dari itu semua untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Orang – orang yang berada di pedesaan merantau ke kota besar untuk mendapatkan kualitas hidup lebih baik. Sebagian orang yang berimigrasi ke kota besar umumnya masyarakat kecil dan masyarakat kalangan bawah. Ada yang hidupnya berhasil di kota besar ada juga yang tidak berhasil. Nah, yang tidak berhasil inilah yang serba kekurangan hidupnya di kota besar hingga kemiskinan pun terjadi.  Inilah yang membuat kehidupan menjadi kesusahan jika kita semua tidak dilandasi dengan usaha dan kerja keras yang tinggi.

Dari kemiskinan kita seharusnya membantu rakyat kecil yang hidupnya serba kekurangan. Lingkungan yang kumuh dan padat penduduk membuat kehidupan menjadi tidak nyaman. Keadaan hidup yang serba menemani musibah atau atau cobaan seringkali terlihat di lingkungan sekitar kita. Contohnya sering ketika saya pergi pada pagi hari melihat ada anak kecil atau orang dewasa sedang memulung atau mengambil barang – barang dari tong sampah. Keadaan seperti inilah  yang terkadang kita merasa iba dan kasian. Terkadang ada di Jalan raya banyak anak – anak kecil dan orang – orang dewasa sedang mengemis atau minta – minta itu karena faktor kehidupan mereka yang serba keterbatasan. receh demi receh pun mereka kumpulkan hanya untuk membeli sebungkus nasi. Bahkan kakek – kakek dan nenek – nenek terlihat sedang memulung atau mengemis. Seharusnya mereka menikmati masa tua dengan anak dan cucunya tapi karena keterbatasan hidup yang serba kekurangan dan pas mungkin lebih baik mereka bekerja seperti itu.

Keadaan seperti yang di atas seharusnya kita wajib membantu dan menyalurkan bantuan kita terhadap orang – orang yang keadaannya kesusahan. Jika kita membantu setidaknya kita mengurangi beban atau keadaan mereka yang sedang susah. Uluran dan bantuan kita sangat berati untuk mereka. Apa yang kita ulurkan dan apa yang kita bantu bermanfaat untuk mereka yang sedang kesusahan dan setidaknya sedikit mengurangi kemiskinan yang terjadi di Indonesia.