MODO Merupakan software besutan The Foundry yang telah dipakai dalam industri perfilman dan games. Software ini juga sering dipakai untuk membuat desain model untuk produk. Merupakan software untuk modeling, sculpting, rendering dan special effects. MODO sering dipakai berdampingan dengan NUKE yang telah dipakai dalam perusahaan film besar, seperti WETA Digital, Industrial Light & Magic, dan Dreamworks Animation. MODO juga digunakan dalam film The Amazing Spider-Man, The Hunger Games, Skyfall, Avatar, dsb.

Modo adalah semua dalam satu paket program. Ia memiliki kemampuan untuk model memahat dan cat animasi dan render. Fitur digunakan dalam setiap tugas seperti n-gons atau lukisan D dan bobot tepi meningkatkan kemampuan ini. Modo berbeda dari program D lainnya karena mereka menggunakan sejumlah kecil dari alat dasar tetapi mereka menggabungkan mereka untuk menciptakan alat baru menggunakan Pipa Alat. Sang seniman dapat memilih pivot point dengan hanya mengklik suatu tempat. Alat dapat dimodifikasi dengan falloffs disesuaikan ini akan memodifikasi kekuatan bentuk geometriknya yang membuat gambar. Bagian terbaik tentang Modo adalah yang memiliki pratinjau renderer yang progresif.

Sejarah MODO

Modo diciptakan oleh kelompok inti yang sama insinyur perangkat lunak yang dibuat sebelumnya aplikasi 3D perintis Lightwave 3D , awalnya dikembangkan di Amiga platform yang dan dibundel dengan Amiga berbasis Video Toaster workstation yang populer di studio televisi di akhir 1980-an dan awal 1990-an . Mereka berbasis di Mountain View, California .

Pada tahun 2001, manajemen senior di NewTek (pembuat Lightwave) dan insinyur Lightwave kunci mereka tidak setuju mengenai gagasan untuk penulisan ulang lengkap dari alur kerja dan teknologi Lightwave itu. NewTek Wakil Presiden Pengembangan 3D, brad Peebler, akhirnya meninggalkan Newtek untuk membentuk Luxology, dan bergabung dengan Allen Hastings dan Stuart Ferguson (pengembang utama Lightwave), bersama dengan beberapa anggota tim pemrograman Lightwave.

Setelah lebih dari tiga tahun pembangunan, Modo telah didemonstrasikan di SIGGRAPH 2004 dan dirilis pada bulan September tahun yang sama. Pada bulan April 2005, efek visual high-end studio Digital Domain terintegrasi Modo ke dalam pipa produksi mereka. Studio lain untuk mengadopsi Modo termasuk Pixar , Industrial Light & Magic , Zoic Studios , id Software , Eden FX , Studio ArtFX , Kedutaan Visual Effects , Naked Sky Entertainment dan spin-off Studios .

Pada SIGGRAPH 2005, Modo 201 pra-diumumkan. Ini menjanjikan banyak fitur baru termasuk kemampuan untuk melukis di 3D (à la ZBrush , BodyPaint 3D ), multi-layer tekstur blending, seperti yang terlihat di Lightwave, dan, yang paling penting, solusi render yang dijanjikan shading berbasis fisik, distorsi lensa yang benar , refleksi anisotropik kabur dan built-in poligon instancing. Modo 201 dirilis tanggal 24 Mei 2006.

Modo 201 adalah pemenang Apel Design Awards untuk Best Use of Mac OS X Graphics untuk tahun 2006. Pada bulan Oktober 2006, Modo juga memenangkan “Best 3D / Animasi Software” dari MacUser majalah. Pada bulan Januari 2007, Modo memenangkan Game Developer Frontline Award untuk “Seni Alat Terbaik”.

Modo 202 dirilis pada tanggal 1 Agustus 2006. Menawarkan kecepatan rendering lebih cepat dan beberapa alat baru termasuk kemampuan untuk menambahkan ketebalan geometri. Sebuah penuh fungsi 30 hari versi trial dari software ini tersedia.

Pada bulan Maret 2007, Luxology dirilis Modo 203 sebagai update gratis. Ini termasuk alat editing UV baru, rendering lebih cepat dan DXF penerjemah baru.

Pelepasan Modo 301 pada 10 September 2007 menambahkan animasi dan patung untuk toolset nya. Alat animasi mencakup kemampuan untuk menghidupkan kamera, lampu, morphs dan geometri serta mampu mengimpor .mdd file. Patung di Modo 301 dilakukan melalui patung jala berbasis dan gambar berbasis (peta vektor perpindahan) atau kombinasi keduanya berlapis.

Modo 302, dirilis pada tanggal 3 April 2008 dengan beberapa update tool, lebih rendering dan animasi fitur dan langit fisik dan Model matahari. Modo 302 adalah upgrade gratis bagi pengguna yang ada. Modo 303 itu diabaikan dalam mendukung pengembangan Modo 401.

Modo 401 dikirimkan pada tanggal 18 Juni 2009. Rilis ini memiliki banyak animasi dan perangkat render dan baru tersedia di 64-bit Windows. Pada tanggal 6 Oktober 2009, Modo 401 SP2 dirilis diikuti oleh Modo 401 SP3 pada tanggal 26 Januari 2010 dan SP5 pada tanggal 14 Juli tahun yang sama.

Modo 501 dikirimkan pada tanggal 15 Desember 2010. Versi ini adalah yang pertama untuk berjalan pada 64-bit Mac OS X. Ini berisi dukungan untuk Pixar Subbagian Permukaan, lebih cepat rendering dan editor koneksi visual untuk menciptakan rig animasi yang dapat digunakan kembali.

Modo 601 dikirimkan pada 29 Februari 2012. Rilis ini menawarkan alat tambahan karakter animasi, dinamika, sistem tujuan umum deformers, dukungan untuk pemodelan retopology dan berbagai perangkat tambahan render.

Modo 701 dikirimkan pada tanggal 25 Maret 2013. Dukungan ini ditawarkan audio, API Python untuk menulis plugin, alat animasi tambahan dan tata letak, lebih erat dinamika terpadu, dan sistem partikel prosedural bersama dengan perangkat tambahan render lain seperti membuat proxy dan lingkungan penting sampling. Selama Service Pack berikutnya, FBX 2013 dukungan ditambahkan dan banyak perbaikan kinerja besar dilakukan (misalnya, penggunaan EXR ubin menjadi beberapa kali lipat lebih cepat untuk mencocokkan kompetisi).

Modo 801 dikirimkan pada 25 April 2014. Ini membawa ulang sistem referensi; perbaikan penyaji; shading nodal; Dukungan UDIM (untuk MARI interoperation – produk Foundry lain); dinamika dan partikel perbaikan; update deformer (Bezier, Bungkus, Lattice); motion capture retargeting (melalui perpustakaan IKinema digunakan untuk memberikan Full Body IK sejak 601). Selain itu, alur kerja animasi ditingkatkan berdasarkan adaptasi dari alat klasik animator (ekstrem, kerusakan, dll)

Modo digunakan dalam produksi film seperti Stealth , Ant Bully , Iron Man , dan Wall * E .

RENDER MODO

Penyaji Modo adalah multi-ulir dan skala hampir linear dengan penambahan prosesor atau core prosesor. Artinya, mesin 8-core akan membuat gambar yang diberikan sekitar delapan kali lebih cepat sebagai mesin single-core dengan kecepatan yang sama per-core. Modo berjalan pada hingga 32 core dan menawarkan pilihan jaringan rendering.

Selain penyaji standar, yang dapat memakan waktu lama untuk menjalankan dengan adegan kompleks bahkan mesin cepat, Modo memiliki penyaji pratinjau progresif yang membuat kualitas akhir jika dibiarkan saja. Antarmuka pengguna Modo memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi ruang kerja yang meliputi preview membuat panel, yang membuat terus menerus di latar belakang, restart render setiap kali Anda mengubah model. Hal ini memberikan preview yang lebih akurat dari pekerjaan Anda dalam penyelesaian dibandingkan dengan pilihan hardware shading khas. Dalam prakteknya, ini berarti Anda dapat melakukan tes penuh lebih sedikit membuat sepanjang jalan menuju penyelesaian proyek. Preview penyaji di Modo 401 menawarkan render progresif, yang berarti gambar memutuskan untuk kualitas gambar akhir dekat jika Anda membiarkannya terus berjalan.

Modo bahan tugas dilakukan melalui pohon shader yang bukan berbasis simpul berbasis lapisan.

Penyaji Modo adalah sinar-pelacak berbasis fisik. Ini termasuk fitur seperti caustic, dispersi, render stereoskopik, efek fresnel, hamburan bawah permukaan, refraksi kabur (misalnya kaca buram), pencahayaan volumetrik (smokey efek bar), dan Pixar-dipatenkan Jauh Shadows.

Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Modo_(software)

http://tutorialdesainwebphotoshop.wordpress.com/2012/08/01/desain-animasi-desain-web-karakter-terbaik-3d-animasi-software/

http://www.thefoundry.co.uk/products/modo/