Assalamu’alaikum..
            Dalam pembahasan kali ini kami ingin membahas tentang Caranya Membuat Animasi Larva Melompati Meja Dan Kursi Menggunakan Aplikasi Blender 3D untuk tugas softskill Desain Pemodelan Grafik. Oke deh langsung saja ya disimak.. :
1.         Sobat harus membuka Blendernya terlebih dahulu.
2.      Setelah itu untuk membuat animasi Larva Dapat Melompat kita membutuhkan 3 layer. Layer yang pertama untuk membuat meja dan kursi, layer ke-2 untuk membuat pohon dan Alas, dan layer ke-3 untuk membuat Larva-nya. Tenang saja, 1 lembar kerja
bisa terdiri dari banyak layer.
Gambar
layer :

3.         Pada layer 1 membuat
Meja dan Kursi
            1.         Untuk membuat Meja, dapat di lihat Disini
            2.         Untuk membuat Kursi, dapat di lihat Disini
4.         lalu kita klik pada layer
ke-2, pada layer ke-2 kita buat Pohon
.
Untuk Membuat Pohon
1. Masih pada lembar kerja yang sama, sekarang saya akan membuat pohon agar tampak indah. Cara membuat pohon pindah ke layer selanjutnya, setelah itu tekan shift+ameshCone. maka akan menampakkan sebuah Cone/corong. Lalu kita atur scalanya sesuai keinginan (tekan s – gunakan scroll pada mouse) – setelah selesai mengatur scala-nya, tekan shift+d (untuk menduplikasi) – lalu seleksi semua cone-nya. Agar Cone tersebut tidak pisah satu persatu saat dipindahkan, kita gabungkan terlebih dahulu. Caranya seleksi pada semua cone (shift+klik kanan mouse pada object) – tekan ctrl+j.dan rapihkan seperti gambar dibawah :
            Lalu setelah itu kita buat batangnya menggunakan Cylinder, tekan shift+ameshcylinder. Dan
atur scalanya sesuai keinginan. (dan jangan lupa Cone dan Cylindernya di gabungkan/di join )  dan akan seperti gambar :
            Lalu sobat bisa menduplikasi Pohon tersebut menjadi banyak, seperti gambar dibawah :
  

NB : untuk menggabungkan layer, tahan shift – klik layer yang ingin digabungkan.
5.         jangan lupa untuk membuat latar-nya menggunakan Plane. Caranya Shift+ameshplane. Dan sesuaikan scala-nya.
6.         lalu kita klik pada layer ke-3, pada layer ke-3 kita buat Larva beserta animasinya.
Untuk Membuat Animasi Larva
1. Pindah ke layer baru,   setelah di layer baru, tekan shift+ameshuv sphere . dan akan menampilkan gambar :

 

2. Lalu tekan z pada keyboard (agar menjadi transparan) – ke Edit Mode (tekan Tab) – atur sudut pandangnya (numlock 1 lalu 5) – ke Face Select (ctrl+tab – face) – lalu tekan b – lalu drag ke bagian yang ingin diseleksi. Seperti gambar dibawah : (pastikan semua sisi terseleksi setengah)
3. Lalu setelah setengah bagian yang sudah terseleksi tekan z lagi untuk mengembalikan seperti semula, tekan dan ingat jangan bergeser. Dan jika berhasil di e maka akan seperti gambar dibawah :
4. Setelah itu kita buat uv sphere-nya agar mempunyai tulang. Caranya :
        a. Pastikan Cursor di tengah dan object pun pastikan di tengah – shift+aArmatureSingle Bone.
       b.Tulang telah muncul, hanya tidak terlihat saja. Untuk memunculkannya pilih Object Data – centang pada X-ray.
NB : agar Cursor di tengah tekan shift+c, dan untuk membuat Object ditengah, seleksi terlebih dahulu objectnya – tekan shift+s (pilih Selection to Cursor)
5. Setelah itu masuk ke Edit Mode – dan seleksi tulang – Scale pada tulang (tekan s) – lalu tekan subdivide (maka tulangnya akan terbagi menjadi 2).
NB : tulangnya jangan melebihi tinggi dari Larva-nya.
6. Setelah itu masuk ke Object Mode – seleksi pada UV sphereObject ModifiersAdd Modifier – lalu pilih Multiresolution – dan atur seperti gambar :
7. Masih pada Object Mode, sekarang kita atur tulangnya kembali agar tulang tersebut menyatu dengan object (agar jika tulangnya di tarik object-nya pun akan mengikuti). Caranya, tekan shift+klik kanan  pada tulang+objectnya – ctrl+p – pilih With automatic Weights. 
8. lalu kita akan membuat larva tersebut bergerak. masuk ke Pose Mode (ctrl+tab) – lalu seleksi salah satu tulangnya, sebagai contoh saya seleksi bagian atas tulangnya – lalu tekan r+y atau r+x atau r+z pada keyboard, terserah sobat tulang tersebut mau diarahkan kemana dan tulang tersebut akan bergerak.
9. Setelah itu kita buat animasinya dengan cara pindahkan garis hijau pada timeline terlebih dahulu – seleksi
tulang yang ingin di gerakkan – tekan r y / r x / rz (sesuaikan saja) lalu gerakan dengan mouse – jika sudah pas tekan i lalu o pada keyboard. Maka yang tadinya garis hijau akan menjadi kuning. Tandanya animasi tersebut telah berhasil di pindahkan.
 Gambar timeline : 
            Kreasikan dengan imajinasi sobat sendiri. Saya ilustrasikan seperti gambar dibawah :
 10.      setelah itu object masing masing kita beri warna, caranya klik dan pilih Material – Klik pada Diffuse (lalu pilih warna) Kreasikan warna dan animasinya sesuai dengan kreasi sobat ya.Dan jika menekan play (dibawah timeline) atau menekan alt+a. Larva-nya akan bergerak sesuai dengan kreasi sobat.
NB : jangan lupa untuk memainkan/mengatur kameranya agar animasinya terlihat bagus. Dan juga lightingnya juga. Untuk mengatur kameranya tekan 0 – maka aka nada garis putus-putus yang terlihat, klik kanan garis putus-putus tersebut – tekan shift+f – dan mainkan scroll mouse-nya.
11. Lalu langkah yang terakhir adalah render animasinya, sebelum render animasi, alangkah baiknya perhatikan :
            Jika pada gambar diatas telah selesai di ikuti, sobat bisa menekan ctrl+F12 untuk render animasi (atau klik Animation) kira kira membutuhkan waktu >15 menit (tergantung banyak object dan besar tidaknya resolusinya). Setelah render-nya selesai maka file video sobat akan tersimpan seperti yang telah sobat berikan seperti yang dikotakkan hijau. Setelah berhasil terender, nama videonya akan bernama (0001-0250), dan hasilnya akan seperti : 
            untuk memutar video-nya pastinya PC/laptop sobat harus telah ter-instal aplikasi
pemutar video, dan saya memakai GOM player
file-nya berkisar >200 MB, dan sobat bisa convert memakai fasilitas Convert video..

         Sekiranya itu saja, Caranya Membuat Animasi Larva Melompati Meja Dan Kursi Menggunakan Aplikasi Blender 3D untuk tutorial lengkapnya dan aplikasi Blendernya bisa sobat download di bawah, dan apabila ada yang kurang jelas sobat bisa bertanya melalui kotak komentar dibawah atau Contact Me pada Header Blog ini.

            Mohon maaf apabila ada kata yang salah, kurang jelas dan kurang berkenan. Semoga bermanfaat.. terima kasih.. ^^
Wassalamu’alaikum… 
Kelompok Kami :’

4ia15

Muhammad Faris Al Fatih (54411827)

Mochamad Fajar Budi Utomo (54411523)

Muhammad Fajar Ramdhani (54411822)

Yoga Putra (57411524)

Ostivani Zahra (55411477)

Lindawati (54411112) 4ia10

Era Rahma Haryanti (52411447) 4ia10

Download Artikel Lengkapnya dan .blend, Disini

Download Blender V2.67b for Windows 32-bit, Disini

Download Blender V2.69 for Windows 32-bit, Disini
Download Blender V2.69 for Windows 64-bit, Disini